Promag Mengulas Gejala Gerd yang Jarang Disadari Penderita

Promag Mengulas Gejala Gerd yang Jarang Disadari Penderita

Sakit asam lambung atau dalam kedokteran disebut GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) sering sekali dikeluhkan secara tiba-tiba. Bahkan hal itu tidak mengenal waktu, tempat ataupun kondisi apapun sehingga membuat kerepotan penderita. 

Meskipun tidak sedikit orang yang kerap mengabaikan hal tersebut, karena ketika asam lambung naik memang sesaat bisa terasa sangat sakit lalu kemudian bisa langsung mereda dan hilang lalu kambuh lagi. Inilah yang menjadi penyebab asam lambung membuat ketidaknyamanan bagi para penderitanya untuk tetap beraktivitas saat kambuh.

Asam lambung kambuh memang bisa muncul, hilang, muncul dan begitu lagi seterusnya. Namun ketika kondisi tersebut tidak segera diatasi akan memberikan dampak pada kesehatan lainnya. Karena timbulnya asam lambung itu menjadi salah satu tanda bahwa tubuh perlu untuk mendapatkan perhatikan lebih. Sebelum kesehatan Kamu terancam, lebih baik pahami segera mungkin dan coba untuk melakukan pertolongan pertama. Umumnya asam lambung naik ditandai dengan beberapa ciri seperti berikut ini:

  1. Munculnya sensasi panas atau terbakar pada bagian dada.
  2. Lebih sering untuk bersendawa seperti layaknya orang masuk angin.
  3. Aroma mulut yang sangat menyengat.
  4. Radang pada bagian tenggorokan.
  5. Produksi air liur yang lebih banyak, dan beberapa ciri lain lagi.

Diatas merupakan tanda paling umum untuk kondisi asam lambung yang kambuh, namun selain itu masih ada banyak. Nah, kali ini Promag mengulas gejala gerd yang jarang diketahui oleh banyak orang supaya lebih waspada.

  • Rasa ingin mual dan muntah.

Ini menjadi tanda yang tidak disadari banyak orang, bahkan ketika mual ada beberapa kemungkinan seperti hamil untuk perempuan, masuk angin ataupun tanda masalah penyakit lain dengan gejala yang sama.

  • Tidak nafsu makan.

Sulit menelan makanan menjadi ciri dari asam lambung yang sudah kronis, ini membuat penyempitan pada bagian kerongkongan sehingga lebih sulit untuk menelan makanan bahkan itu hanya sekedar cairan.

  • Dispepsia.

Jika dalam istilah medis memang dikenal dengan dyspepsia, namun kebanyakan orang mengatakan ini merupakan kondisi dimana perut merasa tidak nyaman. Seperti merasa kembung, begah, kram, seperti ditusuk-tusuk, lebih sering bersendawa dan masih banyak lagi lainnya.

  • Tidak bisa tidur.

Gejala lain yang termasuk dalam tanda asam lambung naik adalah sulit untuk beristirahat. Ini sangat sering terjadi, apalagi umumnya asam lambung terjadi pada malam hari saat menjelang atau bahkan setengah dari waktu istirahat Kamu.

  • Sesak pada bagian dada.

Tanda terakhir yang sering terjadi adalah rasa sesak pada bagian dada, panas dan seperti terbakar. Ini juga sering dialami oleh banyak orang ketika kondisi tubuh sedang tidak nyaman akibat asam lambung naik.

Setelah mengetahui gejala gerd diatas tentu Kamu bisa mengenal dan bisa melakukan pertolongan pertama seperti apa yang paling tepat. Hal ini dilakukan untuk membuat kondisi Kamu tetap nyaman ketika kambuh, karena meskipun kambuh, sembuh, kambuh lagi, sembuh lagi dan begitu seterusnya. Jika tidak segera diatasi dengan baik pasti akan memberikan dampak terutama pada kenyamanan dalam beraktivitas.

Promag sudah menjadi andalan banyak orang ketika mengalami maag atau asam lambung yang kambuh. Kamu bisa gunakan obat tersebut dimana saja dan kapan saja untuk berjaga-jaga, jangan sampai lambung yang sedang tidak baik memicu masalah kesehatan lainnya. 

Meskipun mengetahui obat yang tepat atasi asam lambung saat kambuh, Kamu tetap harus berhati-hati dengan mengatur pola makan dan istirahat. Apalagi harus menghindari beberapa masalah yang dapat memicu munculnya penyakit lambung.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.