Mengenal Lebih Dalam Penerapan Konsep Green Business Strategy

Mengenal Lebih Dalam Penerapan Konsep Green Business Strategy

Ketika Anda belanja di minimarket atau supermarket, maka biasanya akan tidak mendapatkan kantong plastik. Sehingga solusi yang digunakan adalah bisa membawa tas belanja sendiri atau bisa meminta kardus untuk belanjaan maupun membeli tas belanja yang disediakan.

Hal itu sendiri merupakan salah satu cara bisnis untuk mengurangi penggunaan sampah plastik sehingga tidak menyediakan kantong plastik tetapi menyediakan tas yang lebih ramah lingkungan. Penerapan aturan tersebut merupakan salah satu dari green business strategy.

Konsep mengenai green business sendiri dapat diartikan sebagai konsep bisnis yang tidak hanya memperhatikan untuk mendapatkan keuntungan saja. Akan tetapi sebuah bisnis tersebut perlu memperhatikan mengenai faktor sosial, ekonomi, dan tentunya lingkungan.

Sehingga untuk penerapan kebijakan yang diambil akan memperhatikan faktor tersebut, seperti faktor lingkungan yang menjadi isu yang perlu untuk lebih di kedepankan dalam menjalankan pola bisnis Anda.

Green bisnis mempunyai tujuan untuk memberikan perlindungan pada lingkungan, sehingga bisa merawat ekosistem dan lingkungan yang akan lebih baik dari aturan yang diberlakukan. Seperti misalnya tidak memberikan kantong plastik, menggunakan kotak makan dari kertas atau karton yang lebih ramah lingkungan, hingga menggunakan sedotan stainless yang bisa digunakan kembali.

Penerapan green business strategy  sendiri perlu untuk diimplementasikan dalam berbagai aktivitas bisnis. Mulai dari proses produksinya yang memperhatikan lingkungan, menggunakan kemasan ramah lingkungan, iklan yang juga digunakan untuk menyuarakan pesan untuk menjaga lingkungan, dan berbagai modifikasi lainnya yang bisa digunakan untuk membuat bisnis lebih berkelanjutan dan memberikan dampak untuk lingkungan.

Di mana untuk isu ini sendiri juga menjadi pertimbangan bagi konsumen untuk memilih produk atau jasa yang digunakan. Sehingga green business bisa menjadi salah satu marketing yang bisa digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan daya tarik konsumen.

Penerapan green business tersebut merupakan strategi yang bisa dijalankan dengan beberapa kriteria yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  • Strategi yang pertama untuk menjalankan bisnis hijau tentunya adalah dengan membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Ketika ingin mempunyai komitmen memberikan dampak baik pada lingkungan, maka hal yang perlu diperhatikan termasuk dari pemilihan bahannya. Contohnya dengan menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan untuk produk yang dihasilkan.
  • Kriteria selanjutnya yang bisa digunakan untuk membuat produk bisnis hijau adalah dengan berusaha mendaur ulang. Produk yang dihasilkan merupakan daur ulang dari produk sebelumnya, sehingga tidak akan membuat atau menambah sampah yang dihasilkan dari proses produksi yang dilakukan.
  • Kriteria lainnya adalah menghasilkan produk yang terbuat dari bahan daur ulang yang juga akan bisa berdampak pada lingkungan karena bisa mengurangi sampah.
  • Kriteria terakhir adalah dengan menghindari produk yang sekali pakai tetapi lebih memilih produk yang bisa digunakan berulang kali sebagai aksi peduli lingkungan

Di atas merupakan beberapa kriteria untuk membuat konsep bisnis hijau dapat tercapai. Di mana untuk strategi tersebut dibagi menjadi beberapa strategi yang bisa digunakan sehingga bisa menghasilkan produk yang lebih ramah lingkungan.

Seperti yang telah dibahas bahwa dengan menerapkan konsep bisnis hijau juga bisa menjadi salah satu marketing yang digunakan untuk bisnis. Strategi yang digunakan untuk green business sendiri meliputi bagian berikut ini:

  • Green marketing untuk pemasaran yang dilakukan untuk bisa meminimalisir kerusakan alam yang dapat terjadi untuk pemasaran bisnis yang lebih ramah lingkungan.
  • Green product merupakan proses produksi yang memilih bahan yang lebih ramah lingkungan.
  • Green accounting bisa membantu untuk proses identifikasi hingga kualifikasi bisnis untuk membuat keputusan lebih tepat lebih ramah lingkungan.
  • Green consumer merupakan strategi yang dapat untuk mendorong konsumen juga lebih peduli dengan isu lingkungan untuk bisa memelihara alam dengan menggunakan produk ramah lingkungan.
  • Green supply chain management merupakan proses yang dapat untuk menggunakan konsep bisnis ramah lingkungan dalam semua prosesnya.

Green business strategy seperti di atas merupakan salah satu strategi yang bisa diambil dalam berbisnis. Sehingga tidak hanya mengejar keuntungan tetapi juga memberikan dampak yang baik pada lingkungan.

Selain green business, pelajari juga strategi bisnis lainnya yang bisa membantu untuk menggunakan konsep bisnis yang terbaik bisa digunakan dengan mengikuti pelatihan online dan mendapatkan sertifikat di Prasmul-ELI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *