5 Pentingnya Investasi bagi Generasi Muda, Mulai dari Sekarang!

Reksadana merupakan pilihan instrumen investasi yang bisa diandalkan dalam jangka pendek maupun panjang. Instrumen ini sangat populer di kalangan masyarakat dan bisa mulai dijadikan pilihan bagi generasi muda.

Investasi merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi kaum muda saat ini. Sayangnya kesadaran dalam berinvestasi masih belum dimiliki sepenuhnya. Mari cari tahu apa sebenarnya alasan pentingnya investasi bagi kaum muda dan tips menerapkannya!

5 Alasan Pentingnya Investasi bagi Kaum Muda

Dikutip dari Kompas, tren investasi saat ini sebenarnya terus meningkat. Menurut data resmi dari KSEI (Kustodian Sentral Efek), pertumbuhan investor khusus di instrumen Reksadana saja mencapai 14,47%.

Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin sadar untuk berinvestasi. Tentunya kesadaran ini juga sangat penting untuk dimiliki oleh generasi muda. Apalagi investasi memberi profit optimal jika dilakukan di usia muda sedini mungkin.

Generasi muda harus sadar betul apa saja manfaat berinvestasi agar semakin termotivasi untuk melakukannya. Berikut ini 5 alasan pentingnya investasi bagi kaum muda yang penting untuk diketahui:

●      Mewujudkan Tujuan Finansial

Pertama-tama, investasi akan membantu anak muda dalam mewujudkan tujuan finansial mereka. Seperti kita tahu bahwa semua orang pasti memiliki tujuan finansial tertentu yang ingin dicapai.

Dalam hal ini anak muda biasanya memiliki begitu banyak tujuan finansial. Tentu akan sulit untuk mencapainya jika tidak ada perencanaan yang tepat, apalagi jika tidak melakukan investasi.

●      Mengantisipasi Inflasi

Investasi juga sangat penting bagi anak muda demi mengantisipasi terjadinya inflasi. Bagaimanapun juga inflasi merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari dan akan terus terjadi.

Apabila tidak ada persiapan sejak dini untuk menghadapi inflasi, maka kondisi finansial Anda bisa jadi terpuruk. Melalui investasi, diharapkan nilai harta Anda akan sejalan dengan naiknya inflasi tersebut.

●      Menambah Sumber Penghasilan

Alasan lain mengapa anak muda perlu berinvestasi adalah untuk menambah sumber penghasilan. Semakin besar penghasilan yang diperoleh maka akan semakin mudah untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan finansial.

Investasi tidak hanya akan menyimpan dana Anda namun akan membuatnya jadi produktif. Misalnya, Anda bisa mendapatkan keuntungan Reksadana dan menjadikannya sebagai sumber penghasilan tambahan di masa depan.

●      Mempersiapkan Dana Pensiun Masa Depan

Investasi juga akan membantu kaum muda dalam mempersiapkan dana pensiun di masa depan. Ini merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan jika Anda ingin menikmati masa pensiun yang menyenangkan.

Melalui instrumen investasi, anak muda bisa mempersiapkan dana pensiun untuk digunakan di waktu yang akan datang. Saat masa pensiun tiba dan sudah tidak produktif, tetap ada dana yang bisa dimanfaatkan.

●      Memperkecil Risiko Utang

Anak muda bisa terlepas dari potensi berutang jika mulai berinvestasi sejak dini. Jika anak muda berinvestasi, maka ia memiliki tabungan yang cukup untuk masa depan baik itu jangka pendek maupun panjang.

Berbagai jenis kebutuhan bisa terpenuhi berkat alokasi dana yang tepat. Terlebih lagi beragam jenis tujuan finansial juga bisa tercapai tanpa perlu berutang karena sudah melakukan investasi di instrumen yang tepat.

Tips Investasi bagi Kaum Muda

Investasi tidak bisa dilakukan secara asal-asalan meskipun mungkin terlihat mudah. Apalagi untuk anak muda yang memiliki rencana panjang terkait kondisi finansialnya dan pasti ingin mempersiapkan yang terbaik demi masa depan.

Kaum muda harus melakukan investasi dengan cermat agar hasilnya bisa sesuai harapan. Berikut adalah beberapa tips investasi yang dapat dilakukan oleh kaum muda demi profit atau imbal hasil optimal:

●      Pahami Konsep dan Risikonya

Tips pertama, pahami dulu apa sebenarnya konsep investasi dan seperti apa risikonya. Konsep dan risiko dalam berinvestasi adalah dua hal yang sangat penting untuk dipahami sebelum memulai.

●      Tentukan Tujuan Finansial

Selanjutnya tentukan tujuan finansial apa yang ingin dicapai melalui instrumen investasi tersebut. Jika paham apa tujuan finansial Anda maka akan lebih mudah menentukan jangka waktu investasi dan instrumen yang tepat.

●      Pahami Profil Risiko

Tips berikutnya, pahami apa sebenarnya profil risiko yang dimiliki. Apakah Anda termasuk investor konservatif, moderat, atau agresif. Dari sini Anda bisa menentukan pilihan instrumen yang tepat sesuai profil risikonya.

●      Pilih Instrumen Investasi yang Sesuai

Jangan lupa, pilihlah instrumen investasi yang tepat dan paling sesuai dengan profil risiko Anda. Hindari memilih instrumen investasi hanya berdasarkan tren tapi harus benar-benar disesuaikan dengan tujuan finansial dan profil risiko sendiri.

●      Lakukan Sekarang Juga dan Konsisten

Segera mulai investasi sekarang juga dan jangan terlalu banyak menunda. Semakin dini memulai maka akan semakin cepat tujuan finansial tercapai. Selain itu Anda juga harus konsisten agar bisa mencapai target sesuai harapan.

Kesimpulan

Kaum muda kini bisa lebih mudah berinvestasi dalam bentuk instrumen Reksadana bersama perbankan prioritas DBS Treasures. Ada banyak sekali kemudahan dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika mulai berinvestasi di sini.

Dana investasi akan langsung dikelola Manajer Investasi terkemuka. Anda juga bisa mendapatkan wawasan dalam berinvestasi. Tersedia pula Aplikasi digibank by DBS yang mempermudah transaksi jual, beli, maupun switching aset investasi.

Anda akan didukung analisis pasar terkurasi dari tim ahli finansial yang mengomunikasikannya. Dapatkan peluang terkini yang sudah disesuaikan dengan profil risiko dan kebutuhan portofolio Anda, dimotori Artificial Intelligence/Machine Learning (AI-ML). Insight tersebut dilengkapi solusi terkurasi terkait investasi (Grow) dan asuransi (Protect), sehingga Anda dapat cepat dan yakin berinvestasi melalui media sesuai preferensi.

Jangan menunda untuk berinvestasi. Lakukan sekarang juga bersama DBS Treasures dan miliki aset investasi Reksadana demi mencapai tujuan finansial di masa depan. Informasi lebih lengkap, klik di sini!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *