dan 150 149 148 146 144 143 142 141 140 Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 139

dan 150 149 148 146 144 143 142 141 140 Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 4 SD Halaman 139

Berikut adalah kunci jawaban tema 9 kelas 4 SD halaman 139, 140, 141, 142, 143, 144, 146, 148, 149, dan 150 Subtema 3 Pembelajaran 5 dan 6. Buku Tematik Tema 9 Kelas 4 SD ini berjudul Kayanya Negeriku dengan subtema 3 berjudul Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia. Adapun kunci jawaban pada artikel ini digunakan sebagai panduan dan pembanding oleh orang tua untuk mengoreksi pekerjaan anak.

Sebelum melihat kunci jawaban Buku Tematik, siswa dapat terlebih dahulu memahami soal kemudian menjawabnya sendiri. Amatilah ilustrasi dua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan pertanyaan berikut 1. Coba jelaskan perubahan lingkungan alam yang tampak pada gambar gambar di atas!

Jawaban: Hutan yang semula dipenuhi pepohonan telah ditebang, hal tersebut yang menyebabkan adanya hutan gundul. 2. Menurutmu, apa yang menjadi penyebab dan yang menjadi dampak perubahan alam pada gambar di atas? Jawaban: Penyebab dari penebangan pohon ada beberapa hal yaitu untuk membuka lahan industri atau perumahan, penebangan pohon untuk memenuhi segala kebutuhan manusia seperti meja, kursi, lemari dan lainnya. Hal itu berdampak pada hilangnya pohon/hutan dan daerah resapan pun juga berkurang.

3. Jelaskan dampak yang ditimbulkan dari perubahan tersebut! Jawaban: Berkurangnya oksigen yang dihasilkan pohon, hingga berdampak banjir karena tidak ada akar akar kuat yang mampu menyerap air dengan baik. Selain itu juga bisa berdampak padannya tanah longsor. Carilah informasi dan data tentang contoh perubahan perubahan alam yang disebabkan karena aktivitas manusia melalui tulisan pada buku, majalah, surat kabar, atau artikel di internet.

Tuliskan hasilnya pada tabel berikut! Jawaban: 1. Contoh Perubahan: Hutan gundul

Keadaan Sebelumnya: Hutan dipenuhi oleh pepohonan yang rindang Keadaan Sekarang: Hutan menjadi gundul Faktor Penyebab: Penebangan hutan secara besar besaran

Dampak: Banjir, polusi udara, berkurangnya oksigen. 2. Contoh Perubahan: Sungai meluap Keadaan Sebelumnya: Sungai bersih

Keadaan Sekarang: Sungai menjadi dangkal dan kotor Faktor Penyebab: Pembuangan sampah secara sembarangan Dampak: Banjir, air tercemar, berkurangnya air bersih, lingkungan kotor

1. Diskusikan dengan temanmu, apa akibat jika kita menebang hutan sembarangan? Jawaban: Polusi udara, banjir, hutan gundul, longsor. 2. Kumpulkan informasi dari buku, koran, majalah atau artikel tentang usaha usaha pelestarian sumber daya alam!

Jawaban: Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak Reboisasi hutan

Memanfaatkan energi alternatif 3. Buatlah uraian singkat tentang akibat buruk apabila tidak melakukan pelestarian sumber daya alam! Jawaban: Akibat buruk akibat tidak melakukan pelestarian sumber daya alam adalah lingkungan yang rusak, lingkungan kotor, sumber penyakit, bencana dan merugikan makhluk hidup.

Coba tuliskan maksud atau isi lagu berjudul “Memandang Alam” pada kolom berikut. Maksud atau isi lagu “Memandang Alam” adalah: Jawaban: Rasa kagum terhadap alam dan lingkungan sekitar yang terjaga.

Tuliskan perasaan dan imajinasimu saat menyanyikan lagu tersebut. Perasaan dan imajinasi saat menyanyikan lagu “Memandang Alam” adalah: menyenangkan dan berimajinasi tentang lingkungan yang asri dan bersih. 1. Apa yang kamu pelajari hari ini?

Jawaban: Pentingnya menjaga alam sekitar. 2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Tidak serakah dan memanfaatkan sumber daya alam secara bijak.

3. Keterampilan apa saja yang dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Menjaga kebersihan lingkungan. 4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban: Menjaga kebersihan lingkungan. Coba diskusikan bersama dengan temanmu untuk menjawab pertanyaan pertanyaan berikut: 1. Haruskah orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi? Mengapa?

Jawaban: Ya, orang yang mengabaikan kewajiban diberi sanksi. Agar mereka mendapatkan efek jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi. Karena ketika mereka mengabaikan kewajibannya, akan berakibat ke diri sendiri dan orang lain. 2. Sebutkan contoh sanksi bagi orang yang tidak melaksanakan kewajiban. Jawaban:

Kewajiban yang dilanggar: Terlambat berangkat ke sekolah. Sanksi: Menyapu dan memunguti sampah. Kewajiban yang dilanggar: Tidak mengerjakan PR.

Sanksi: Berdiri di depan kelas selama pelajaran dimulai dan mengerjakan PR yang seharusnya dikerjakan. Kewajiban yang dilanggar: Tidak mengerjakan piket sekolah. Sanksi: Mengerjakan piket selama 3 hari.

Kewajiban yang dilanggar: Mencontek saat ujian atau ulangan. Sanksi: Dikeluarkan dari kelas dan tidak mendapatkan nilai. Kewajiban yang dilanggar: Tidak mematuhi rambu rambu lalu lintas.

Sanksi: Kena tilang. Kamu telah membaca bacaan ”Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir?”. Carilah informasi penting pada bacaan tersebut.

Kemudian, lengkapilah gambar peta pikiran berikut. Kapan terjadi banjir? Jawaban: Setiap tahun.

Apa penyebab banjir? Jawaban: Saat di Puncak Bogor hujan lebat, air akan turun ke Jakarta karena daerah puncak lebih tinggi dari Jakarta. Apalagi di Jakarta tidak ada sungai yang mampu menampung derasnya aliran air karena sungai penuh tumpukan sampah. Bagaimana terjadinya banjir?

Jawaban: Air hujan mengalir dari Puncak Bogor ke Jakarta. Sementara sungai yang menampung derasnya aliran air di Jakarta sempit dan dangkal. Selain itu, tanah resapan juga semakin sempit sehingga air yang diserap tanah sangat sedikit. Maka aliran air yang tidak teraliri dengan baik akan menjadi banjir. Buatlah laporan hasil wawancaramu seperti contoh dalam kotak berikut. Jawaban

Nama: Mita Pertanyaan yang diajukan: Bencana apa saja yang bisa timbul jika manusia melakukan kerusakan terhadap lingkungan alam sekitar? Hasil wawancara:

1. Pak Hadi: Kebakaran 2. Bu Mina: Banjir 3. Lina: Lingkungan kotor

4. Dea: Polusi 5. Kiki: Tidak ada air bersih 6. Binta: Tidak ada udara bersih

7. Citra: Banyak penyakit 8. Deka: Lingkungan tidak sehat 9. Hani: Selokan tersumbat

10. Alif: Tidak ada tumbuhan yang bisa hidup 1. Apa yang kamu pelajari hari ini? Jawaban: Hak dan kewajiban sebagai warga negara dapat membuat lingkungan sekitar berjalan lebih baik.

2. Nilai apa saja yang dapat kamu ambil melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Peduli terhadap sekitar. 3. Keterampilan apa saja dapat kamu kuasai melalui pembelajaran hari ini?

Jawaban: Menerapkan hak dan kewajiban sebagai warga negara. 4. Apa yang akan kamu lakukan setelah melalui pembelajaran hari ini? Jawaban: Lebih peduli tentang kewajiban sebagai warga negara.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *