Tips Perawatan Rambut Pria Berketombe 

Tips Perawatan Rambut Pria Berketombe 

Adanya jamur alami di kulit kepala yang dinamakan Malassezia yang memakan substansi lemak di sebum. Menghasilkan sisa pencernaan yang mengganggu metabolisme kulit mati. Pertumbuhan kulit kepala ini akan terganggu dan mengelupas berbentuk kulit mati yang dinamakan ketombe. Ketombe juga dapat menyerang pria, berikut tips perawatan rambut pria

  • Keramas dengan Shampo Khusus 

Produk shampo yang digunakan untuk mengatasi ketombe biasanya mengandung Zinc Pyrithione dan atau Selenium Sulfide. Kedua kandungan tersebut berperan dalam menghambat kecepatan sel kulit mati dan mengelupas. Penggunaan shampo ini jangan langsung dibilas, diamkan 5 menit dengan memijat pelan, setelah merata lalu bilas. 

  • Lakukan Pemijatan 

Pastikan air dan shampo menyentuh kulit kepala secara keseluruhan. Lakukan pemijatan hingga shampo memenuhi sela-sela rambut. Pemijatan bertujuan kandungan anti ketombe akan cepat diserap kulit kepala. Air yang digunakan untuk keramas adalah air dingin, karena air panas akan mengganggu keseimbangan pH kulit kepala yang  memicu produksi sebum. 

  • Biarkan Rambut Kering

Membiarkan rambut yang sedang basah untuk mengering dengan sendirinya. Jangan memakai helm atau topi saat rambut masih basah. Kondisi rambut yang lembab akan memicu produksi sebum menjadi lebih banyak. Termasuk jangan tidur saat rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini juga termasuk untuk kulit kepala yang sedang berkeringat. Tunggu keringat mengering dulu sebelum memakai sesuatu di kepala. 

  • Bersihkan Sisir

Tidak hanya terfokus pada rambut, namun apa yang digunakannya. Sisir yang kotor terdapat jamur yang dapat berpindah ke kulit kepala. Benda asing yang masuk ke kulit kepala akan memicu produksi sebum lebih banyak. Pastikan sisir dipakai dibersihkan secara berkala. 

  • Sesuaikan Produk Styling

Perawatan rambut pria didukung karena penggunaan produk styling rambut seperti pomade. Sebaiknya pilih pomade berbahan dasar air agar rambut mudah dicuci. Gunakan pomade ketika rambut dalam kondisi kering agar tidak menghasilkan residu dari sisa keramas atau kondisioner (jika memakai). 

Selain perawatan rambut pria dari luar, kesehatan kulit kepala juga harus dari dalam untuk menguatkan akar rambut. Konsumsi kandungan makanan berupa asam lemak Omega-3 dan Omega-6. Kandungan ini bermanfaat melawan peradangan dan membantu kulit berfungsi dengan normal. Makanan yang bisa dikonsumsi seperti kacang, tuna, salmon. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.