Sidang Dunia Rileks Saja Rizieq Shihab Jalani Sidang Tatap Muka Kalau Akhirat HRS Super Serius PH

Sidang Dunia Rileks Saja Rizieq Shihab Jalani Sidang Tatap Muka Kalau Akhirat HRS Super Serius PH

Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim) akan menggelar sidang lanjutan secara tatap muka terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) hari ini, Jumat (26/3/2021). Menanggapi hal ini, anggota kuasa hukum Rizieq Shihab, Azis Yanuar mengatakan, pihaknya akan senantiasa mengikuti aturan dan akan menyikapinya lebih tenang saat menjalani persidangan. "Santai saja (dijalankannya) hari ini eksepsi pribadi (MRS) dan dari kuasa hukum untuk kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung," ungkap Azis saat dikonfirmasi, Jumat (26/3/2021).

Azis mengungkapkan, untuk menjalani sidang saat ini pihaknya tidak perlu waspada. Mengingat sidang yang akan dijalani kliennya saat ini masih dalam perkara yang terjadi di kehidupan dunia. "Untuk sidang dunia ini relaks saja dan jalani dengan baik sesuai aturan, kalau persidangan akhirat baru HRS super serius dan khawatir serta waspada, was was," ungkapnya.

Sebelumnya, Azis Yanuar meminta simpatisan serta masyarakat yang akan menghadiri sidang lanjutan kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jaktim), untuk senantiasa tertib dan disiplin. Di mana sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab akan perdana digelar secara tatap muka pada Jumat (26/3/2021). "Imbauan supaya masyarakat, pecinta HRS dkk agar dalam menyimak dan memantau jalannya persidangan tetap tertib, disiplin," kata Azis saat dikonfirmasi, Kamis (25/3/2021).

Azis juga mengimbau para simpatisan Rizieq Shihab untuk tetap menerapkan protokol kesehatan serta menjaga ketertiban umum. "Tidak mengganggu orang lain dan khalayak umum, ikuti aturan aparat keamanan dan jalankan prokes," ujar Azis. Senada dengan Azis, eks Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Muhammad Rizieq Shihab (MRS), juga meminta kepada seluruh simpatisannya yang akan menghadiri sidang lanjutan pada Jumat (26/3/2021), untuk tertib dan tidak mengganggu jalannya persidangan.

Hal itu ia sampaikan saat dirinya memberikan jaminan kepada Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur (PN Jakarta Timur), seusai mengabulkan permintaannya untuk dapat dihadirkan secara langsung dalam sidang berikutnya. "Saya mohon, saya serukan kepada umat Islam, masyarakat yang menghadiri sidang ini di luar gedung pengadilan agar tetap jaga protokol kesehatan, tertib, menjaga arus lalu lintas, jangan ganggu siapapun," kata Rizieq, Rabu (24/3/2021). Rizieq Shihab juga meminta simpatisan yang hadir untuk senantiasa memanjatkan doa dan banyak berzikir.

"Banyak berzikir, dan mengikuti sidang dengan tertib," tegas Rizieq. Dia berharap pada persidangan yang akan dilakukan nantinya di ruang sidang PN Jakarta Timur, dapat berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan. "Agar kami di dalam gedung sidang dapat menjalankan sidang dengan khidmat," ujarnya.

Diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim) akhirnya mengabulkan keinginan terdakwa Rizieq Shihab untuk mengikuti sidang secara tatap muka. Majelis Hakim yang terdiri dari Suparman Nyompa, M Djohan Arifin, dan Agam Syarief Baharudin ini mengabulkan permintaan Rizieq dalam sidang yang digelar Selasa (23/3/2021) kemarin. Bahkan, hakim mengabulkan permohonan sidang tatap muka untuk dua perkara sekaligus.

Pertama, perkara nomor 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat. Kedua, perkara 226/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim terkait kasus kerumunan dan pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung Bogor, Jawa Barat. "Menetapkan, mengabulkan permohonan pemohon," kata hakim Suparman.

Dengan dikabulkannya permohonan ini, Rizieq tak lagi mengikuti sidang virtual dari Rutan Bareskrim. Ia bisa langsung hadir di PN Jakpus sebagaimana perintah dari hakim. "Memerintahkan penuntut umum agar menghadirkan terdakwa tiap kali jadwal sidang," kata hakim.

Adapun, keputusan hakim ini keluar setelah kuasa hukum Rizieq menyerahkan surat permohonan agar sidangnya digelar secara offline. Kuasa hukum Rizieq juga menyerahkan surat jaminan yang memastikan kehadiran Rizieq Shihab ke PN Jaktim tak menimbulkan kerumunan. Hakim pun mengingatkan sidang bisa digelar secara online kembali bila Rizieq melanggar jaminan.

"Apabila pemohon melanggar jaminan, maka penetapan (sidang offline) ini akan ditinjau kembali," kata hakim. Keputusan serupa juga dikeluarkan hakim untuk 5 terdakwa lain dalam kasus kerumunan petamburan dengan perkara nomor 222/Pid.B/2021/PN.Jkt.Tim. Kelima terdakwa yakni Haris Ubaidillah, Ahmad Sabri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al Habsyi, dan Maman Suryadi.

Kelimanya diwakili oleh kuasa hukum yang sama dengan Rizieq. Setelah kuasa hukum menyerahkan surat jaminan untuk tertib protokol kesehatan, kelima terdakwa itu juga diizinkan hadir langsung untuk sidang tatap muka di PN Jaktim. Hakim kemudian memutuskan menunda sidang dengan agenda pembacaan eksepsi bagi Rizieq dan kelima terdakwa lain itu.

Hakim kembali menjadwalkan sidang pada Jumat (26/3/2021) mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *